Tips Membuat Cover Album

Saat ini trend musik bergeser dari album fisik menjadi album digital. Namun ada satu hal yang tidak berubah dari bagian album tersebut dan memegang peranan cukup vital untuk pemasaran album tersebut. Hal itu adalah cover album. Baik album digital maupun album fisik, keduanya memerlukan cover. Cover ini berperan sebagai daya tarik awal kepada customer yang melihat khususnya yang belum mendengar lagu dari album tersebut. Selain itu cover album juga menjadi materi promosi yang penting untuk album tersebut. Bagaimana membuat cover album yang menarik dan berdaya jual tinggi demi mendukung keberhasilan penjualan album tersebut?

Sebelum memulai design tentukan 2 hal dahulu:

  • Identifikasi

Identifikasi dahulu 2 hal. Yang pertama siapa kamu. Bagaimana musik kamu. Bagaimana kamu menjelaskan diri kamu ke orang lain, apa yang dikenal dari kamu. Bagaimana musik kamu yang sebenarnya.

Lalu yang kedua adalah siapa audiance kamu. Siapa yang menjadi target market dari musik kamu. Siapa yang kira-kira akan datang di konser atau pertunjukan musikmu. Apa yang ingin kamu capai saat pendengar dan audiance kamu mendengarkan musik kamu. Bagaimana kamu ingin mereka bereaksi dan merespon musik kamu. Hal ini dapat membantu menyesuaikan cover album kamu dengan interest yang dimiliki mereka.

  • Cari Inspirasi

Sebagai musisi, inspirasi adalah hal yang penting. Ide membuat lagu bisa datang dari sebuah kejadian, gambar, perasaan, dan sebagainya. Begitu juga untuk design cover album. Sesuatu yang menginspirasi secara visual. Bisa apa saja yang dapat dituangkan ke dalam bentuk visual. Konsultasikan juga dengan desainer yang kami pakai. Minta pendapat dan masukan dari desainer.

Komponen Design

Masuk ke tahap desain. Yang pertama adalah:

  • Warna

Pemilihan warna adalah hal krusial dalam membuat desain, begitu juga dengan cover album. Hitam putih atau full colour, pilihlah yang sesuai dengan identifikasi di awal. Setiap warna memberi rasa dan emosi yang berbeda. Kamu tentu ingin audiance kamu merasakan emosi yang sama saat melihat cover album kamu dengan saat mendengarkan musik kamu. Kalau kamu sudah mendapat warna yang menjadi pilihan, ada baiknya warna tersebut digunakan seterusnya. Hal ini bisa menjadi identitas musik dan karakter kamu nantinya.

  • Image

Yang selanjutnya yang tidak kalah penting adalah penentuan image atau gambar yang akan ditampikan di cover. Biasanya gambar atau foto musisi yang ditampilkan, tapi tidak jarang juga menampilkan lukisan, grafik abstract, hingga kolase.

  • Typography

Setelah image, yang selanjutnya adalah tulisan. Mulai dari pemilihan font, style, hingga kata yang akan dituliskan seperti nama album, nama kamu/ band, dan sebagainya. Penempatan tulisan juga harus diperhatikan agar mampu menyampaikan pesan dengan tepat sesuai keinginan kamu. Yang juga perlu menjadi perhatian, pilihlah kata-kata yang catchy dan mudah diingat, dan juga unik, sehingga bila dicari di internet, nama album kamu bisa muncul di halaman pertama.

  • Format

Yang selanjutnya adalah format. Karena saat ini hampir semua musik didengarkan dengan cara digital atau streaming, jadi buatlah cover album-mu yang sesuai dengan format di semua channel musik streaming yang ada yang akan menjadi tujuan kamu untuk memasarkan musik kamu, seperti Spotify, Joox, Apple Music, dan lain sebagainya.

Desainer Yang Tepat

Yang terakhir adalah temukan desainer yang tepat. Ini hal yang penting bila kamu tidak bisa men-desain dan harus mempekerjakan desainer. Carilah desainer yang mampu menuangkan ide-ide kamu ke dalam bentuk nyata dengan cara terbaik. Seorang desainer tahu apa yang mungkin dilakukan, bagaimana yang terlihat baik, dan mereka efisien dan efektif, daripada bila anda tidak mempunyai skill desain dan mengerjakannya sendiri.

Tidak mudah memang mendesain sebuah cover album yang baik, menarik, dan menjual. Harus ada dedikasi tinggi atau bahkan satu tim khusus untuk mengurusinya. Namun semua itu perlu dilakukan dengan serius untuk membantu penjualan album tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top