Tips Membuat Konser Musik

Tips Membuat Konser Musik

Membuat sebuah konser musik bukanlah sebuah perkara mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan dari mulai persiapan sebelum konser sampai kepada hari pelaksanaan konser tersebut. Nah bila anda dalam waktu dekat ini berencana untuk membuat sebuah konser, ada baiknya anda menyimak beberapa hal di bawah ini.

1.Konsep
Yang paling awal perlu anda lakukan adalah membuat konsep. Akan seperti apa konser yang anda inginkan. Pikirkan tema apa yang akan anda terapkan dalam konser anda. Carilah sebuah konsep dan tema yang out of the box agar konser anda tidak membosankan dan berbeda dari yang pernah ada. Gunakan kreatifitas anda. Konsep ini nantinya dapat menjadi nilai lebih dari konser anda.

2.Team
Anda tak mungkin bekerja sendiri. Bentuklah sebuah team yang terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berbeda-beda sesuai kebutuhan anda untuk menyelenggarakan konser tersebut. Pilihlah orang-orang yang anda percaya dan dapat anda ajak kerjasama dengan baik, serta berkualitas dan dapat diandalkan.

3.Venue
Selanjutnya adalah menentukan venue. Pemilihan venue yang tepat sangat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah event. Jangan selalu beranggapan bila mau event sukses, venuenya harus mahal. Yang terutama adalah venue yang anda pilih cocok dengan konsep konser anda serta aman untuk keberlangsungannya pada hari h. Itu saja.

4.Talent
Talent yang akan tampil adalah daya tarik utama sebuah konser untuk pengunjungnya. Disini jangan terlalu nafsu untuk booking talent yang terbaik. Tentu budget yang anda keluarkan juga akan tidak sedikit. Datangkan talent yang sesuai dengan konsep konser dan target pengunjung. Jangan datangkan talent terlalu banyak, apalagi bila mereka memainkan jenis musik dan genre musik yang sama. Itu sama seperti mendengar satu kaset berulang-ulang. Datangkanlah 2-3 talent pembuka dan 1 talent utama sebagai puncak acara, penampilan utama dan penutup.

5.Perizinan dan Keamanan
Hal ini wajib anda perhatikan karena konser tidak akan berjalan tanpa perizinan. Banyak resiko yang bisa timbul saat pelaksanaan bila anda mengabaikan hal ini. Uruslah perizinan dengan pihak berwajib setempat. Konsultasikanlah konser anda dengan pihak yang mengeluarkan izin. Jangan sungkan untuk meminta pendapat juga dari mereka.

6.Proposal & Sponsor
Sebuah konser membutuhkan biaya. Semakin wah konsep yang anda inginkan, semakin besar pula dana yang anda butuhkan. Karena itu anda butuh sutikan dana dari sponsor. Cara yang paling lazim untuk sponsor mau ikut bergabung mengucurkan dana dalam konser anda adalah dengan proposal penawaran. Buatlah yang menarik dan menguntungkan bagi sponsor sehingga mereka mau mengucurkan dananya untuk konser anda.

7.Promosi
Tidak ada pengunjung sama dengan konser yang gagal. Karena itu untuk mendatangkan pengunjung pada hari pelaksanaan, hal lain yang harus anda lakukan adalah promosi. Kapan promosi dilakukan? Jangan terlalu lama sebelum hari pelaksanaan, karena orang yang melihatnya kemungkinan akan lupa, dan jangan juga terlalu mepet hari pelaksanaan, karena kemungkinan yang melihatnya hanya sedikit. Lakukanlah promosi 2-3 bulan sebelum konser. Bila konser anda level nasional, satu tahun sebelum masih masuk akal, namun buatlah promosi yang berkelanjutan hingga hari pelaksanaan.

8.Tiket
Dana dari sponsor mungkin tidak akan menutup 100% kebutuhan konser anda. Karena itu untuk mendapatkan dana tambahan, anda dapat menerapkan ticketing untuk pengunjug konser anda. Usahakan harga yang anda terapkan sesuai dan masih masuk akal dengan apa yang pengunjung dapat dalam konser anda. Ticketing ini juga dapat menjadi cara anda mencapat untung dari pelaksanaan konser anda. Bilapun tidak untuk, usahakan setidaknya anda sebagai penyelenggara tidak rugi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top