Tips Menjadi MC Yang Handal

Menjadi seorang master ceremony atau yang biasa kita sebut MC adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Walau kelihatannya simple karena hanya bicara di depan umum saja, namun sebenarnya banyak hal yang harus dimiliki dan dipersiapkan oleh seorang MC. Apalagi MC adalah roh utama dari sebuah event agar berjalan dengan lancar. Lalu apa saja sih tips menjadi seorang mc yang handal?

  1. Tubuh Yang Sehat

Saat memandu sebuah acara, seorang MC haruslah fit. Tubuh yang fit akan mendukung kelancaran aktifitas yang kita lakukan. Dengan badan yang sehat di atas panggung akan memberi kesan baik kepada audiens. Bila seorang MC sedang sakit, pasti akan sangat mengganggu MC dalam menjalankan tugasnya yang juga berakibat memberi kesan buruk kepada audiens.

  1. Kemampuan Komunikasi

Senjata utama seorang MC adalah komunikasi. Tugasnya memandu sebuah event atau acara akan berbanding lurus dengan kemampuan komunikasi yang dimilikinya. MC juga haruslah komunikatif sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dalam sebuah acara, tidak hanya komunikasi 1 arah seperti orang berpidato. Karena itu kemampuan yang dimiliki haruslah di atas rata-rata. Dan hal tersebut bukanlah mustahil diraih saat ini, dimana sangat banyak media pembelajaran yang mudah diakses untuk mengasah kemampuan komunikasi. 

  1. Penampilan

Setelah kemampuan komunikasi, selanjutnya adalah penampilan. Penampilan sangat berpengaruh terhadap audiens, bila tidak sesuai dengan hati mereka atau tidak menarik, tentu perhatian yang diberikan juga tidak akan penuh. Penampilan MC juga dapat berpengaruh terhadap pandangan audiens terhadap event itu sendiri. Tidak harus cantik atau ganteng maksimal, namun MC haruslah good looking. Hal ini dapat dilihat dari gaya berpakaian, fisik, ataupun pembawaan si MC.

  1. Kreatif

MC dihadapkan dengan berbagai jenis event dan juga berbagai situasi dalam menjalankan tugasnya. Karenanyana ia harus mampu beradaptasi dan menciptakan hal-hal baru agar audiens tidak bosan dan event tetap berjalan menarik. Selain itu bila suatu event tidak berjalan sesuai dengan rundown, MC dituntut untuk tetap membawakan acara tersebut dengan baik, walaupun harus berimprovisasi sekalipun. Disini kreatifitas sangatlah diperlukan.Kreatifitas dapat ditingkatkan dengan banyak membaca buku dan menonton referensi-referensi yang ada.

  1. Percaya Diri

Yang terakhir adalah mental. Tidak semua orang mampu berbicara di depan umum. Bahkan seorang MC terkenal dengan jam terbang tinggi pun tidak jarang masih merasakan grogi sebelum memandu sebuah acara. Karena itu seorang MC haruslah memiliki rasa percaya diri tinggi. Hal ini dapat dilatih dan bertumbuh dengan latihan dan makin sering tampil di depan umum.

Anda membutuhkan MC atau Presenter untuk event anda, booking segera di www.talent-hub.net dan dapatkan talent-talent professional dan berkualitas dari berbagai kategori keahlian untuk berbagai jenis event anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top