Tips Menjaga Suara Tetap Optimal Saat Puasa

Bulan puasa bukan menjadi halangan bagi talent yang mengandalkan suara seperti penyanyi, penyiar radio, stand-up comedian, dan lainnya untuk tetap tampil prima. Dengan beberapa hal, talent dapat menjaga vokalnya tetap baik selama berpuasa. Apa saja yang perlu dilakukan?

  1. Istirahat yang cukup

Walaupun harus sahur di dini hari dan taraweh di malam hari, usahakan tidur yang cukup. Tidurlah tidak kurang dari 6 jam. Dengan begitu pita suara akan tetap optimal karena mendapat istirahat yang cukup setelah dipakai seharian.

  1. Minum air putih yang cukup

Saat berpuasa tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan pita suara akan menjadi kaku. Karena itu saat telah berbuka hingga sahur, usahakan agar minum air putih yang sering. Jangan sekali minum yang banyak tapi tidak minum lagi hingga 3-4 jam kedepan. Usahakan minum yang sering.

  1. Olahraga yang rutin

Walaupun sedang berpuasa, olahraga harus tetap dilaksanakan. Dengan berolahraga badan menjadi lentur dan aliran darah juga lancer, begitu juga dengan pita suara kita yang akan tetap lentur, tidak kaku, karena aliran darah yang lancer, sehingga akan optimal saat dipakai.

  1. Pemanasan

Tetap latih vokal dan pita suara walau tidak dipakai sesering biasanya di luar bulan puasa. Ada beberapa metode warm up vocal yang dapat dilakukan yang bisa ditemukan dengan mudah di internet saat ini. Lakukanlah pemanasan ini saat sahur atau saat telah berbuka.

  1. Hindari makanan perusak suara

Saat berbuka tentunya godaan makanan sangat kuat sehingga terkadang apa saja yang tersedia kita lahap. Namun sebaiknya tetap hindari atau kurangi makanan dan minuman yang merusak suara kita seperti makanan berminyak , air dingin, makanan pedas, dan lain sebagainya.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Terkadang kita salah memanfaatkan waktu berbuka dengan terus makan saat berbuka hingga menjelang tidur. Padahal dengan makan menjelang tidur akan mengakibatkan refluks asam, atau asam lambung naik ke tenggorokan, yang dapat mengakibatkan pita suara iritasi sehingga merusak suara. Tanda-tanda asam reflux dapat berupa seringnya mulas, rasa tidak sedap pada mulut di pagi hari, kembung dan sering bersendawa, benjolan di bagian belakang tenggorokan, dan suara serak yang tak kunjung pulih.

Anda butuh penyanyi, mc, atau talent lain untuk event anda? Kunjungi dan booking langsung talent/ artis profesional pilihan anda di www.talent-hub.net .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *